Sabtu, 11 September 2010

Bagaimana Menambah Pendapatan .... ???

Himpitan beban ekonomi yang semakin besar membuat orang merasa kekurangan dengan penghasilan yang diperolehnya. Berbagai cara dilakukan untuk mencoba bertahan bahkan dengan mencari tambahan penghasilan disamping pekerjaan utama.

Tidak ada yang melarang memang, bahkan saat ini menjadi tren bagi sebagian pegawai untuk mencari pendapatan lainnya. Semua itu sah-sah saja dilakukan sepanjang tidak melanggar profesionalisme dan tetap mengedepankan pekerjaan utama.

Namun, bagi Anda yang berniat tapi belum tahun bagaimana cara memulainya, mungkin apa yang disampaikan Yani Suryani dalam bukunya 20 Usaha Sampingan Sambil Ngantor yang dikutip okezone kali ini bisa menjadi pembimbing Anda yang berpikir untuk mencari tambahan.

1. Perhatikan Posisi di Pekerjaan Utama
Usahakan sebelum memulai bisnis sampingan, posisi Anda dikantor sudah mapan dan tidak menyita waktu kerja Anda.

2. Tentukan Bidang Usaha yang Akan Dijalani
Anda bisa memilih jenis usaha yang benar-benar baru atau jenis usaha yang memang sudah ada di pasaran. Di sinilah kreatifitas Anda diuji untuk menentukan kesuksesan usaha Anda kelak.

3. Menentukan Lokasi Usaha
Sebelum memulai usaha sebaiknya tentukan terlebih dahulu lokasi usaha yang akan Anda gunakan. Perlu diingat bahwa dalam beberapa jenis usaha, lokasi mempunyai peranan yang penting.

4. Tentukan Pelanggan Anda
Anda harus sudah tahu bagaimana cara Anda mendapatkan pembeli atau klien dari usaha yang Anda jalankan dan bagaimana cara Anda berpromosi.

5. Tentukan Tenaga Kerja yang Anda Butuhkan
Alangkah lebih baik apabila Anda mempekerjakan sedikit tenaga kerja di awal usaha Anda. Ada bagusnya juga jika Anda mempekerjakan anggota keluarga Anda karena secara tidak langsung Anda dapat menanamakan rasa memiliki terhadap usaha ini kepada mereka.

6. Rencanakan Keuangan dengan Matang
Akan lebih baik jika modal yang Anda miliki mampu menutupi kebutuhan pengeluaran usaha selama 12 bulan ke depan, selain itu juga dapat membuat perkiraan arus kas sehingga dalam setahun ke depan Anda akan berada pada posisi aman karena tidak kehabisan uang tunai.

7. Disiplinlah dalam Mengelola Keuangan
Jangan sampai terjadi besar pasak daripada tiang. Hindari melakukan usaha gali lubang tutup lubang!

8. Bersiaplah Menghadapi Risiko yang Mungkin Muncul
Semua pekerjaan pada hakikatnya mempnyai risiko yang harus ditanggung. Jadi bersiaplah dengan segala risiko yang mungkin akan Anda hadapi baik dari pekerjaan Anda maupun dari usaha yang sedang Anda bangun.

9. Disiplinlah dalam Segala Hal
Usahakan untuk selalu menerapkan disiplin dalam hal apa pun disegala aspek.

10. Siap Meluangkan Waktu
Bersiaplah untuk meluangkan waktu dan tetaplah berkomitmen dalam menjalankannya. Jadi, jangan kaget bila nanti Anda akan mengalami rasa capek atau lelah yang lebih dari biasanya. Hal ini wajar saja karena Anda mempunyai dua pekerjaan sekaligus.

Nah, jika Anda sudah siap menerapkan 10 tips di atas, bersiaplah dengan perubahan yang kelak terjadi pada kehidupan Anda. Berbagai kemungkinan saat kesuksesan mulai diraih harus juga dipikirkan.

Seperti tidak harus meninggalkan pekerjaan tetapi tetap bisa mendapatkan penghasilan yang lebih besar. Tapi bisa juga Anda benar-benar melepas status kepegawaian Anda jika ternyata penghasilan dari usaha sampingan Anda melebihi gaji yang Anda terima.

Kalau sudah begini, pilihannya ada ditangan Anda. Mau bagaimana? Namun bagi Anda yang ingin memulai usaha, bulatkan tekad Anda untuk memulainya.