Kamis, 21 Oktober 2010

Bagaimana Anda Jika "Puasa Facebook" ?

Apa yang akan Anda lakukan selama sepekan tanpa situs jejaring sosial? Inilah tema uji coba puasa selama sepekan bagi mahasiswa dan seluruh staf akademika Harrisburg University of Science and Technology di Pennsylvania, Amerika Serikat. Langkah ini dilakukan untuk menjawab keprihatinan main menipisnya perkawanan sosial di dunia nyata.

"Menjadi ironis, orang yang bersosialisasi di dunia maya justru asosial di dunia nyata," kata Steve Infanti, wakil presiden universitas bidang komunikasi dan marketing.

Itu sebabnya, universitas mengajak 570 mahasiswanya untuk "puasa" mengakses situs jejaring sosial selama sepekan dalam setahun dan menjalin pertemanan di dunia sesungguhnya.

Selama pekan puasa, pihak universitas menutup akses IP address ke situs-situs Facebook, Twitter, MySpace dan lainnya serta akses ke fasilitas instant messenger untuk seluruh jaringan komputer di kampus itu. "Selama ini, fakultas, para dosen, dan mahasiswa saling bercakap hanya di dunia maya, bagaimana jika sesekali mereka menggelar tatap muka dan berbicara secara langsung saja?" ujarnya.

Coba bayangkan sanggupkah anda "puasa" Facebook selama satu minggu dalam 1 bulan ?
silahkan isi di komentar .....

sumber : republika.co.id