Selasa, 19 Oktober 2010

Merawat Komputer

Cara merawat atau membersihkan komponen PC adalah sebagai berikut :


  1. Perawatan Casing. casing perlu di bersihkan baik dalamnya maupun luarnya dari debu - debu. alat yang digunakan : kuas, kain dll. cara membersihkannya : buka tutup casing, lalu bersihkan pada bagian motherboard, fan, dan sebagainya dengan peralatan yang telah disediakan.

  2. Perawatan CD ROM. cara membersihkannya : hidupkan komputer, tuangkan cairan Cleaner ke CD cleaner, masukkan CD cleaner ke dalam CD drive, dan tunggu beberapa saat sampai proses cleaner selesai.

  3. Perawatan Harddisk. Cara merawat Harddisk : gunakan software, dengan melakukan scandisk, defragmentasi atau melalukan low level format, untuk mengurangi panas gunakan kipas pendingin pada harddisk, matikan komputer dengan prosedur yang benar, hindari debu, dan lakukan pengecekan secara rutin.

  4. Perawatan VGA Card. cara merawat VGA card : VGS card harus sering dibersihkan dari debu atau kotoran dengan kuas atau dengan peralatan lain, fan harus sering dibersihkan dan kecangkan kedudukan fan.

  5. Perawatan Memory. Cara merawat memory : jangan sering bongkar pasang RAM, jangan sering menyentuh kaki - kaki PIN yang terletak di bagian bawah RAM, bersihkan dengan menggunakan cairan pembersih, dan bersihkan dengan menggunakan karet penghapus.

  6. Perawatan Power Supply. Caranya : pasang stabilizer pada PC, perhatikan kelancaran putaran FAN dan bersihkan dari debu

  7. Perawatan CPU / Processor. caranya : perhatikan letak dari FAN, pasang pada posisi yang benar agar udara dapat berputar dengan lancar, usahakan Heatsink menggunakan penghantar yang terbuat dari tembaga atau alumunium, usahakan sebelum dipasang, oleskan slicon grease di bagian belakang processor agar penghantar panas lebih lancar

  8. Perawatan Motherboard. caranya : bersihkan dengan kuas atau penyedot debu,dan menjaga suhu.

  9. Perawatan printer. caranya : hidupkan printer anda setiap hari meskipun tidak dipake dan biarkan selama 3 menit, bersihkan printer dari debu, dan buku tutup tinta yang kecil jika anda menggunakan tinta infus.



Semoga bermanfaat..tambahkan dikomentar buat kekurangannya.