Rabu, 15 Desember 2010

Cara Menangkal Virus Flu

Penyakit flu bisa datangkan kapan saja dan flu juga sangat mudah menyebar, apa lagi di saat cuaca tidak menentu. Setiap orang pasti ingin sehat dan fit setiap hari, karena kalau sakit bisa mengganggu aktivitas sehari - hari. Flu yang di tandai dengan bersin - bersin, tubuh lemas, mata berair, dan terkadang badan menggigil membuat anda hanya bisa terkulai lemah di tempat tidur.
Cara menangkal virus Flu yang dikutip dari vivanews.com sebagai berikut :
1. Sarapan
Sebelum memulai aktivtas atau kegiatan sehari - hari anda diusahakan untuk Sarapan pagi. Makan pagi sangat penting untuk bahan bakar tubuh, terutama ketika daya tahan tubuh merosot. Peneliti belanda menyatakan, sarapan akan meningkatkan kadar gamma interferon dalam darah yang bertindak sebagai anti virus alami. Makanlah yang hangat - hangat, seperti bubur atau sup.
2. Lawan virus dengan Kesibukan
Stress berkepanjangan memang bisa membuat anda sakit, karena sistem kekebalan tubuh melemah. Tapi, anda bisa menggunakannya untuk melawan flu. Caranya carilah kesibukan.
3. Olahraga Ringan
Selalu melakukan olahraga di pagi hari sebelum memulai aktivitas. Bisa dilakukan setelah bangun tidur. Olahraga ringan tidak perlu dilakukan dalam tempo lama, cukup 15 menit anda jalan - jalan diluar rumah. Peneliti dari University of Massachusetts menemukan, orang yang melakukan aktivitas visik ringan tidak mudah terkena infeksi pernapasan atas, dibandingkan dengan mereka yang tidak banyak bergerak.
4. Konsumsi Makanan tinggi Protein
Menurut ahli, menyantap makanan tinggi protein seperti telur, tempe, selain membuat anda kenyang lebih lama, juga baik untuk daya tahan tubuh. Protein diperlukan untuk daya tahan tubuh.
5. Minum Teh Hijau
Buatlah minuman teh hijau hangat di sore hari, ini akan membuat tubuh hangat. Menurut peneliti Kanada teh hijau bisa mendorong tubuh melawan perkembangan virus. Dalam teh hijau, ditemukan suatu senyawa kimia yang dapat menggantikan aktivitas replikasi atau penggandaan virus.
6. Hangatkan Diri
Kenakan pakaian hangat. Hal ini bisa membantu anda melawan flu. Gunakan pakaian yang lebih longgar agar peredaran darah anda tetap lancar.
7. Istirahat Cukup
Sehari, idealnya tidur dilakukan delapan jam. menurut riset, kekurangan istirahat, akan memerosotkan sistem kekebalan tubuh sampai 50 persen.