Minggu, 29 Agustus 2010

WOM, Word OF Mouth Marketing

Semua orang tahu marketing adalah salah satu kunci kesuksesan dalam mengembangkan bisnis.  Bayangkan kalo berbisnis tanpa ada marketing, produk yang di buat tidak akan di kenal oleh konsumen secara keseluruhan. Ilmu marketing yang begitu banyak, sehingga semua orang sibuk mempraktekkannya mana yang paling cocok. Mulai dari promosi melalui iklan, Media cetak bahkan televisi.

Disini saya akan membahan konsep marketing yang sederhana kelihatannya tapi ampuh dalam meningkatkan penjualan bisnis, yaitu konsep WOM "word of mouth".  WOMM adalah sebuah strategi pemasaran untuk membuat pelanggan kita membicarakan (do the TAlking), mempromosikan (do the Promotion) dan menjual (do the Selling) yang disingkat menjadi TAPS (Talking, Promoting dan Selling).

WOM, lebih mengindikasikan peran dali konsumen atau pelanggan yang puas dengan pelayanan dan kualitas produk yang kita berikan sehingga pelanggan tersebut akan membicarakan kepada orang lain termasuk keluarga, saudara, teman - teman, sahabat dan mungkin setiap orang yang di temuinya. Bayangkan satu orang pelanggan diberi pelayanan yang baik akan mendatangkan ribuan pelanggan.

Tapi disamping itu kita harus menyadari mitos ini " pelanggan kecewa dengan pelayanan akan menyebarkan semuanya kepada orang lain dan pelanggan yang puas dengan pelayananannya belum tentu berbicara sama orang lain". itu sebuah mitos yang sangat berlawanan dengan WOM. Memang kita tidak mengetahui sikap konsumen, karena konsumen adalah segala - galanya bagi bisnis kita.

Terlepas dari mitos tadi, konsultan marketing Onbee Marketing Research (anak perusahaan Octovate Consulting Group) bekerjasama dengan Majalah SWA membuktikan bahwa WOM sangat cocok sebagai konsep marketing di indonesia. Ini bisa dilihat dari hasil penelitiannya yang mengatakan bahwa sebesar 89% konsumen Indonesia lebih mempercayai rekomendasi dari teman dan keluarga pada saat memutuskan untuk membeli sebuah produk.

Mari kita jaga pelayanan dan kualitas produk untuk meningkatkan jumlah penjualan produk ke konsumen.

semangaaat....