Selasa, 07 September 2010

Anak kecil yang berbicara dengan al Qur'an

Anak kecil yang mampu menghafal seluruh al Qur'an sebenarnya bukan hanya Sayyid Muhammad Husein Tabataba'i. Namun keistimewaan utama yang dimiliki Husein adalah kemampuannya memahami makna ayat - ayat itu dan menggunakannya dalam percakapan sehari - hari.

berikut ini dialog Husein (H) dengan ulama Ayatullah Jawadi Amuli (AJA)

AJA : Sayangku, apa yang dikaruniakan Allah kepada nabi yahya di waktu kecil ?

H : "dan kami berikan kepadanya hikmah selagi iya masih kanak - kanak". (QS.19:12)

AJA : Siapa lagi nabi yang berbicara di waktu kanak - kanak ?

H : nabi Isa

AJA : apa kalimat yang diucapkannya waktu itu ?

H : "berkata (isa), 'sesungguhnya aku ini hamba Allah, dia memberiku Al kitab dan dia menjadikan aku seorang nabi" (QS. 19:30)

AJA : Sayyid Muhammad Husein Tabataba'i, engkau mengetahui bahwa Allah bisa memberikan kemampuan ingatan luar biasa diwaktu kanak - kanak, seperti yang kaumiliki. Ini adalah pertolongan illahi. Engkau harus menghargai pertolongan ini. (Kemampuan) ingatan ini harus engkau manfaatkan semaksimal mungkin. Setiap kali Allah memberi kita nikmat. Allah menghendaki kita untuk bersyukur. Apa ayat yang menyatakan tentang hal ini ?

H : "sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti kami akan menambah kepadamu"(QS. 14:7). Lalu Husein meneruskan lagi, "Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada orang tuamu" (QS 31:14)

AJA : Apa yang diwariskan lukman kepada anak - anaknya ?

H : "Hai anakku, dirikanlah shalat dan suruhlah mengerjakan yang baik dan cegahlah dari perbuatan yang munkar dan bersabarlah terhadap apa yang menimpa kamu" (QS 31:17)

Sayyid Muhammad Husein Tabataba'i, anak kecil dari negeri Irak mendapat gelar doktor Honoris Causa dalam bidang "science Of The retention of The Holy Qur'an" pada umur 7 tahun dengan nilai 93 dari Hijaz College Islamic University.

semoga ini bisa menjadi pendorong dan renungan dalam mempelajari Al Qur'an.

dikutif dari buku "Doktor Cilik Hafal dan Paham Al qur'an" penulis Dina Y. Sulaeman dan Penerbit Pustaka IMAN