Jumat, 03 September 2010

Pentingnya Olahraga

Kegiatan yang satu ini  harusa rajin buat jaga kondisi tubuh agar tetap sehat dan fit. Sempatkan kegiatan setiap hari selama 15 menit pada waktu pagi sebelum menjalani aktivitas sehari - hari. Olahraga pemanasan namanya hanya sekedar jalan - jalan disekitar rumah atau senam pagi itu bisa membakar kalori dan mengeluarkan keringat.

Olahraga itu penting pasti menguntungkan selain biaya yang murah dan mudah serta baik untuk kesehatan jantung. Pendapat itu bukan sekedar main-main, tapi merupakan hasil penelitian yang dilakukan para ahli dari the Harvard School of Public Health, Boston, Massachusetts, selama lima tahun.  Dari penelitian yang diungkapkan pada Circulation: Journal of the American Heart Association, 29/8 ini, dilaporkan berapapun lamanya olahraga dilakukan, tetap berguna untuk kesehatan jantung.
Bagaimana bisa begitu?  Ternyata intensitas yang menjadi ukuran.  Artinya, jalan kaki selama 15 menit selama empat kali seminggu lebih sehat dibanding jalan kaki satu kali selama satu jam dalam seminggu.
Tentu saja kabar ini sangat menggembirakan, apalagi bagi para pemula.  Anda tak perlu repot-repot berolahraga selama 45 menit.  Lima belas menit, asal rutin dan teratur akan sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung. Demikian Dr. Howard D. Sesso, salah seorang peneliti.
Hal penting lainnya, adalah jumlah kalori yang dibakar selama olahraga berlangsung.  Pasalnya, jumlah kalori sangat signifikan menurunkan risiko penyakit jantung.  Dari penelitian tersebut terungkap bahwa pria yang membakar kalori sebesar 4400 kalori per minggu, risiko terkena penyakit jantungnya menurun sampai 44%, dibanding mereka yang pembakaran kalorinya hanya 1100 kalori per minggu.  Nah, berapa kalori yang Anda bakar minggu ini? (susandijani)/berbagai sumber