Selasa, 12 Oktober 2010

Ilmu Marketing

Marketing adalah suatu aktivitas untuk memperkenalkan, mempromosikan dan menjual produk kepada konsumen.

Dalam Ilmu marketing dikenal konsep 4P (product, price, Promosi, dan place). Berikut penjelasannya.

1. Product

Menentukan produk/jasa yang akan ditawarkan ke pasar, umumnya menjadi langkah paling awal. Untuk melihat peluang produk anda dipasaran perlu dilakukan riset kecil ke target pasar mengenai kekurangan dan kelebihan produk anda menurut konsumen dan dibandingkan dengan pesaing.

2. Price

Menentukan harga tidak semudah yang dibayangkan. Untuk menghitung harga, cara yang paling sering digunakan dengan menggunakan patokan hitungan biaya produk tersebut dari awal disiapkan hingga siap di jual.

3. PLacement

Menentukan tempat produk yang mudah ditemukan oleh target pasar yang dituju adalah persoalan yang tidak kalah penting. Carilah lokasi yang mudah dijangkau oleh konsumen selain itu faktor lingkungan si sekitar lokasi perlu diperhatikan. sperti keamanan, kebersihan dan kenyamanan.

4. Promosi

Promosi produk yaitu bagaimana cara suatu produk dikenalkan ke pasar agar pelanggan tergerak untuk membelinya. Salah satu cara promosi yang paling efektif adalah dengan beriklan.

Lakukan perencanaan sebelum anda menjual produk ke konsumen.