Jumat, 15 Oktober 2010

Tips Menulis E-Mail

Surat elektronik atau E-mail adalah bagian penting dari perangkat komunikasi modern bagi para eksekutif, pengusaha yang bekerja di belakang komputer serta bagi para blogger. Kehadiran e-mail sangat penting untuk melancarkan pekerjaan atau berhubungan dengan klien. Namun, karena sifatnya yang cepat dan mudah, seringkali orang melupakan etika dalam mengirim e-mail, terutama e-mail bisnis dan menyangkut pekerjaan. Padahal, pesan yang anda tulis dalam e-mail untuk rekan bisnis, klien, bahkan atasan anda, haruslah berbeda dengan pesan yang anda kirimkan untuk teman.

Tips Menulis E-mail
1. Jangan pernah lupa mengisi judul e-mail Anda yang berada di baris subject. Penulisan judul yang tepat membuat si penerima langsung memberi perhatian pada e-mail anda.
2. Buatlah e-mail secara singkat dan padat. Sebutkan langsung tujuan e-mail anda dan sertakan permintaan respon jika anda memang mengharapkan respons darinya.
3. Gunakan gramatika yang benar, apapun bahasanya.
4. Hilangkan kata - kata yang di singkat seperti "pd" untuk pada, "mhn" untuk mohon dan lain - lain. Kecuali untuk kata Akronim seperti ABRI, TNI, CPNS dan lain-lain.
5. Teliti Kembali e-mail anda sebelum dikirim. Perbaiki kalo ada keselahan ketik dan penulisan kalimat.
6. Jika email akan dikirm banyak, jangan lupa isi kolom CC atau jika ingin melampirkan e-mail tersebut ke orang lain tanpa diketahui si penerima, isi kolom BCC.

Internet menyediakan banyak situs penyedia jasa untuk membuat e-mail gratis, seperti http://mail.yahoo.com , http://gmail.com , http://rocketmail.com dan sebagainya.

Sumber : buku Cepat Kaya berkat Internet