Jumat, 26 November 2010

Internet Marketing

Pemasaran Internet atau e-pemasaran (Bahasa Inggris: Internet marketing atau e-marketing atau online-marketing) adalah segala usaha yang dilakukan untuk melakukan pemasaran suatu produk atau jasa melalui atau menggunakan media Internet atau jaringan www. Kata e dalam e-pemasaran ini berarti elektronik (electronic) yang artinya kegiatan pemasaran yang dimaksud dilaksanakan secara elektronik lewat Internet atau jaringan syber. Dengan munculnya teknologi Internet dalam beberapa tahun ini, banyak istilah baru yang menggunakan awalan e-xxx, seperti halnya: e-surat, e-business, e-gov, e-society, dll.

Banyak orang beranggapan bahwa pemasaran Internet adalah segala hal yang berhubungan dengan mencari uang di Internet, yang sebetulnya hal ini tidak benar. Perlu diketahui bahwa ratusan bahkan ribuan program mencari uang di Internet adalah kegiatan yang dilarang dan merupakan kecurangan alias penipuan yang hanya menguntungkan untuk orang-orang tertentu saja.

Kegiatan pemasaran Internet umumnya meliputi atau berkisar pada hal-hal yang berhubungan dengan pembuatan produk periklanan, pencarian prospek atau pembeli dan penulisan kalimat-kalimat pemasaran atau copywriting. Pemasaran internet atau e-pemasaran ini secara umum meliputi kegiatan pembuatan desain web (web design), periklanan dengan menggunakan baner, promosi perusahaan lewat mesin pencari informasi (mesin pencari), surat elektronik atau e-surat (e-mail), periklanan lewat e-surat (email advertising), pemasaran afiliasi (affiliate marketing), advertensi interaktif (interactive advertising), dll.

Peluang bisnis dalam dunia internet cukup luas dan banyak bidangnya. Internet yang menjangkau seluruh dunia sehingga anda bisa menawarkan produk atau program kepada siapa saja di seluruh dunia yang sangat beragam baik itu bahasa, dan budaya. Jika anda bisa bahasa inggris yang Mahir merupakan suatu kelebihan yang bisa anda manfaatkan untuk bisnis dalam dunia internet. Dengan begitu banyak ragam dan jenis bisnis di internet, disini yang di bahas adalah affiliate marketing.

Affiliate Marketing
Bisnia affiliate marketing sangat cocok buat pemula karena bisnis ini tidak membutuhkan modal dan serta mudah dilakukan. Affiliate marketing layaknya salesman dalam dunia marketer Offline. Namun anda disini marketing lewat internet sehingga di sebut internet marketing.
Berikut ini adalah alasan kenapa bergabung sebagai affiliate marketer:
* Tidak ada biaya produksi.
* Umumnya semua biaya produksi untuk produk yang kita jual adalah sepenuhnya tanggung jawab mereka. Biaya untuk memulai bisnis ini relatif rendah.
* Jika dibandingkan dengan memulai bisnis yang lain, affiliate program relatif lebih rendah. Tenaga kerja yang dibutuhkan relatif sedikit jika dibandingkan dengan bisnis konvensional.
* Anda bisa mengerjakan bisnis ini kapanpun, dan dimanapun anda berada. Tidak terikat waktu dan tempat.
* Berpotensi mendatangkan penghasilan tanpa henti. Passive income bisa!
* Berpotensi mendapatkan pendapatan yang tidak terbatas. Jika anda melakukannya dengan tepat, konsisten, dan pantang menyerah.
Ada tiga tipe affiliate program, mari kita simak bersama sama:
* Pay Per Sale program, dengan bergabung melalui tipe ini kita akan mendapatkan komisi sesuai dengan jumlah produk atau layanan yang berhasil kita jual melalui link refferal kita.
* Pay Per Lead program, dengan bergabung melalui tipe ini kita akan mendapatkan komisi sesuai dengan jumlah orang yang mengisi form (isian), survey, atau sign up terhadap layanan yang diberikan.
* Pay Per Click program, dengan bergabung melalui tipe ini kita akan mendapatkan komisi sesuai dengan jumlah klik terhadap link refferal yang diberikan oleh merchant kepada kita.
* Pay Per View
Selain ketiga tipe affiliate di atas, Berikut ini daftar affiliate program network yang terkenal kredibilitasnya.
* Clickbank
* Commission Junction
* Shareasale
* Linkshare
* DarkBlue
* Revenue Gateway
* Google Affiliate Network - dahulu Performics
* Affiliate Window
* AzoogleAds
* PaydotCom
* Affiliate Fuel
* Click2sales
* ClixGalore
* MaxBounty
* ModernClick
Faktor-faktor yang mesti anda pertimbangkan dalam Memilih Affiliate Program:
* Relevansi: Carilah affiliate program yang sesuai dengan tema dari website anda.
* Kualitas dan Stabilitas: Pilihlah affiliate program dari perusahaan yang reputasinya bagus. Salah satunya bisa dilihat dari lamanya mereka berdiri, dan jumlah affiliate marketer yang sudah terdaftar. Juga pertimbangkan apakah mereka mempunyai contact support yang khusus menangani anda.
* Komisi: Pilihlah affiliate program yang memberikan komisi yang tinggi dan memberikan kebebasan dalam pengambilan komisi, baik dari metoda pembayarannya maupun frekuensi pembayarannya. Selain itu akan lebih baik jika memilih affiliate program yang memberikan komisi seumur hidup/lifetime commission artinya konsumen yang tercipta berkat kerja anda, maka konsumen itu menjadi milik anda selamanya.
Semoga bermanfaat untuk berwirausaha di internet.

Sumber : dari berbagai sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Internet_marketing, http://www.rahasia-online-bisnis.com/affiliate-program.php