Kamis, 24 Februari 2011

Manajemen

Manusia merupakan makhluk sosial yang membutuhkan orang lain untuk berinteraksi dan bekerjasama. Hal paling kecil dalam kelompok manusia dalam masyarakat adalah keluarga terus rukun tetangga membentuk rukun warga sampai ke tingkat besar yaitu sebuah negara.
Perkembangan masyarakat yang semakin maju dalam era informasi ini sehingga berinteraksi dan bekerjasama tidak hanya dilakukan dari mulut ke mulut yang hanya dua orang saja. Perkembangan masyarakat yang ditandai dengan berkembangnya dunia industri dan teknologi menuntut masayarakat untuk pandai dalam mengelola diri sendiri dalam berinteraksi dan bekerjasama dengan orang lain. Mengelola diri sendiri merupakan manajemen yang paling kecil.
Manajemen merupakan kata yang sederhana tapi banyak manfaatnya karena kata manajemen merupkan kosa kata ilmu yang sangat luas. Ilmu manajemen hampir semua akan merasakan manfaatnya. Manajemen pada aplikasinya lebih banyak dilakukan pada kelompok - kelompok yang mempunyai visi dan misi yang sama.
Pengertian Manajemen
Manajemen berasal dari kata bahasa inggris management dengan kata asal to manage yang secara umum berarti mengelola.
menurut James A. F stonner adalah proses merencanakan, mengorganisasikan, memimpin dan mengendalikan berbagai upaya dari anggota organisasi dan proses penggunaan semua sumber daya organisasi demi tercapainya tujuan organisasi yang telah di tetapkan.
Dengan melihat kedua pengertian di atas pada prinsipnya adalah sama bahwa manajemen itu artinya mengelola. Dalam melakukan pengelolaan itu ada beberapa tahap yang harus dilakukan seperti menetapkan tujuan, perencanaan dan bahkan mengendalikannya. Sehingga benar kata orang jika inginn sukses rencanakan sesuatu yang akan dilakukan sejak anda bangun tidur.
Ilmu manajemen sangat banyak macamnya dan setiap teori manajemen itu akan mengikuti dan maksud dari teori itu. Misalkan kalo kita membicarakan manajemen pemasaran, maka teori manajemen yang dikeluarkan teori - teori pemasaran cara untuk mendapatkan pelanggan. Begitu juga dengan teori-teori yang lainnya.
Saya akan sedikit memberikan gambaran tentang Manajemen Fungsional yang sering ada di perusahaan :


  1. Manajemen sumber daya manusia

  2. manajemen produksi dan operasi

  3. Manajemen keuangan

  4. Manajemen pemasaran


Dengan melihat sedikit cerita di atas bahwa manajemen merupakan hal penting dalam kehidupan bermasyarakat atau dalam sebuah organisasi. Karena begitu pentingnya manajemen dalam suatu organisasi maka setiap orang dalam menjalankan tugasnya dalam mengelola suatu organisasi membutuhkan keterampilan - keterampilan dalam diri masing - masing manusia. Keterampilan tersebut berdasarkan tingkat manajemen :

  1. Keterampilan teknis, keterampilan ini adalah kemampuan menggunakan alat - alat, prosedur, dan teknik suatu bidang yang khusus.

  2. Keterampilan Manusiawi, keterampilan ini adalah kemampuan untuk bekerjasama dengan orang lain dan memotivasi orang lain baik sebagai individu maupun kelompok.

  3. Keterampilan konseptual, keterampilan ini adalah kemampuan untuk mengkoordinasi dan memadukan berbagai kepentingan dan kegiatan organisasi.