Kamis, 17 Maret 2011

Hidup sehat dengan 5 S

Hidup sehat merupakan dambaan dan keinginan semua orang mulai dari tingkat bawah sampai tingkat atas. Orang beranggapan bahwa untuk hidup sehat itu cukup mahal, sekarang mitos ini sudah tidak berlaku lagi. Untuk hidup sehat anda hanya harus melakukan pola hidup yang sehat.
Setiap orang menginginkan untuk sehat dan bugar setiap hari. Orang yang sehat akan mudah melakukan aktivitas sehari - hari, sebaliknya jika sakit akan sangat sulit untuk beraktivitas. Anda sakit mesti harus ke dokter, makanya orang bilang sehat itu mahal.
Pencegahan lebih baik dari pada mengobati, ini sangat mutlak harus dilakukan jika anda ingin hidup sehat. Apa yang harus dilakukan untuk hidup sehat ? sesuai dengan judul artikel ini, hidup sehat dengan 5 S. Apa itu 5 S ?

5 S adalah Makan sehat, berpikir sehat, istirahat sehat, aktivitas sehat, dan lingkungan yang sehat. (Samuel Oentoro, kompas.com"
Makan sehat menurut Samuel Oentoro, dilakukan dengan mengatur waktu makan yang baik, menjaga jumlah makanan yang cukup, mengatur makanan sesuai kebutuhan, menjaga dan mengasup jenis makanan yang sehat, serta memastikan jadwal makanan teratur.
Masih menurut Samuel Oentoro Berpikir sehat adalah menjaga pikiran tetap positif karena pikiran negatif atau stres, seperti jamak diketahui, akan berdampak pada kesehatan tubuh.
Beristirahat sehat adalah dengan memperhatikan waktu dan kualitas istirahat agar tidak kurang, baik dengan jumlah istirahat yang berkisar antara 6-8 jam semalam, juga kualitas tidur harus terjaga.
Aktivitas sehat adalah bagaimana mengatur pola gerak dan aktivitas fisik yang cukup dan menyehatkan.
Lingkungan sehat, tentu merupakan upaya menjaga agar lingkungan tetap bersih dan sehat.